Silabus Mata Pelajaran Bahasa Lampung


SILABUS MATA PELAJARAN
BAHASA DAN AKSARA LAMPUNG

Sekolah                       : SMPN  1
Mata Pelajaran            : Bahasa Dan Aksara Lampung
Kelas / Semester          : VIII / 2

Kompetensi Inti                                 : 
KI 1     :   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2     :  2.1. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri,
           dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.2. Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan  ketertarikan pada   bahasa lampung  serta memiliki rasa percaya pada daya dan
        kegunaan bahasa lampung  yg   terbentuk mellui pengalaman belajar.
KI 3     : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
               
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI 4     :  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
   
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan  
   
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Indikator
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1  Mensyukuri, menghargai dan  menghayati keberadaan bahasa Lampung sebagai anugerah Tuhan  yang Maha Esa sebagai sarana komunikasi melalui  kegiatan  menulis aksara Lampung

2.1. Menunjukkan perilaku Piil pesenggiri dan proaktif dalam menggunakan  bahasa Lampung untuk memahami tata cara penulisan aksara lampung

2.2  Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada materi cerita penngalaman pribadi terbentuk melalui pengalaman belajar.









3.8  menelaah, mengidentifikasi dan memahami menulis aksara lampung sesuai dengan  kaidah-kaidahnya






4.8  membaca dan menulis sederhana dengan aksara lampung  sesuai
         dengan  kaidah- kaidahnya .
Aksara Lampung

3.8.1 Memahami tata cara penulisan aksara lampung
3.8.2 Memahami bentukl-bentuk induk,anak dan tanda baca dalam aksara Lampung
























4.8.1 menuliskan kelabai/ induk huruf aksara Lampung
4.8.2. Menuliskan anak huruf aksara Lampung
4.8.3 menuliskan tanda baca aksara Lampung
4.8.4 Menulis singkatan ( Akronim) dalam aksara Lampung
4.8.5 menuliskan huruf latin yang tidak ada dalam aksara Lampung
Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
·         Siswa menrespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan




b. Kegiatan Inti Mengamati
·         Untuk membangun konteks pembelajaran, dengan sikap peduli dan santun siswa mengamati teks bentuk aksara yang ditayangkan atau diberikan guru.
1.      Dengan santun dan responsive, siswa menyimak teks aksara yang diberikan guru
    Menanya
  1. Dengan santun siswa bertanya hal-hal yang berhubungan dengan konteks pembelajaran
    Mengeksplorasi
  • Dengan sikap responsif, santun, siswa menjawab pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan teks teks aksara  yang dilihat dan didengar
  • Siswa mengambil kertas undian yang berisi istilah kebahasaan. Lalu, masing-masing siswa menyebutkan kata yang sama, bersatu membentuk kelompok kecil dan menamakan kelompoknya sesuai istilah yang dipilihnya.
  • Dengan sikap santun dan responsive siswa secara berkelompok siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan teks tersebut
   Mengkomunikasikan
·         Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa secara berkelompok menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan teks yang disimaknya.
* Kelompok lain menanggapi dengan responsif dengan  santun.

c. Kegiatan Penutup
·         Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
·         Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran
·         Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran

Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Pendahuluan
  • Siswa menrespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
  • Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
b. Kegiatan Inti
    Mengamati
·         Guru mengadakan apersepsi tentang materi untuk memancing pengetahuan siswa akan materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
·         Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa membaca dan mengamati kembali teks aksara yang pernah di pelajari
     Menanya
  • Dengan santun siswa bertanya Dan menjawab pertannyaan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya
    Mengeksplorasi
  • Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa berdiskusi menyelesaikan tugas yang diberikan guru
   Mengkomunikasikan
  • Dengan sikap tanggung jawab, santun, siswa berkelompok mempresentasikan hasil kerja merejka kepada kelompok lainnya
  • Kelompok lain menanggapi dengan responsif dan santun.
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
·         Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
·         Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami struktur teks hasil observasi
·         Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa menyimak informasi mengenai rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

1. Tuliskan tata cara penulisan aksara Lampung

2.    Tuliskan bentuk induk dalam aksara Lampung
Tuliskan bentuk anak huruf

3. menceritakan kembali cerita pengalam pribadi yanruf aksara
4. menuliskan tanda baca aksara lampung
5.menuliskan  huruf latin yang tidak ada dalam aksara lampung        
4 x 40 menit
1.    Buku Bahasa Lampung  SMP/MTS Kelas VIII
2.    LKS Bahasa Lampung SMP/MTS Kelas VIII


                                                                                                           

                                   
Kompetensi Dasar

Materi Pokok
Indikator
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

1.1  Mensyukuri, menghargai dan  menghayati keberadaan bahasa Lampung sebagai anugerah Tuhan  yang Maha Esa sebagai sarana komunikasi melalui  kegiatan  menulis aksara Lampung














2.1. Menunjukkan perilaku Piil pesenggiri dan proaktif dalam menggunakan
         bahasa Lampung untuk memahami tata cara penulisan aksara lampung




2.2  Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada materi cerita penngalaman pribadi terbentuk melalui pengalaman belajar.





3.6 memahami, menelaah dan mengidentifikasi teks memandu acara  sesuai  dengan  kaidah- kaidahnya






















4.6 menyusun, menanggapi  dan memperagakan   memandu acara  sesuai  dengan  kaidah- kaidahnya secara  lisan dan tulisan.
3.6.1 Mengidentifikasi  teks memandu acara

3.6.2 Memahami teks memandu acara sesuai dengan kaidah-kaidahnya































































4.6.1 Menyusun teks memandu acara sesuai kaidah-kaidahnya secara lisan dan tulisan.


4.6.2.Mengomunikasikan teks memandu acara sesuai kaidah-kaidahnya secara lisan dan tulisan.
Memandu acara
Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
·         Siswa menrespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
b.   Kegiatan Inti Mengamati
·           Untuk membangun konteks pembelajaran, dengan sikap peduli dan santun siswa mengamati teks susunan acara yang ditayangkan atau diberikan guru
·           Dengan santun dan responsive, siswa menyimak teks susunan acara yang diberikan guru

    Menanya
  • Dengan santun siswa bertanya hal-hal yang berhubungan dengan konteks pembelajaran


  Mengeksplorasi
  • Dengan sikap responsif, santun, siswa menjawab pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan teks susunan acara  yang dilihat dan didengar
  • Siswa mengambil kertas undian yang berisi istilah kebahasaan. Lalu, masing-masing siswa menyebutkan kata yang sama, bersatu membentuk kelompok kecil dan menamakan kelompoknya sesuai istilah yang dipilihnya.
  • Dengan sikap santun dan responsive siswa secara berkelompok siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan teks tersebut

   Mengomunikasikan
·         Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa secara berkelompok menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan teks yang disimaknya.
·         Kelompok lain menanggapi dengan responsif dengan  santun.

c. Kegiatan Penutup
·         Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
·         Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran
·         Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran

Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Pendahuluan
·         Siswa menrespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan

b. Kegiatan Inti
   
Mengamati
·         Guru mengadakan apersepsi tentang materi untuk memancing pengetahuan siswa akan materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
·         Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa membaca dan mengamati kembali teks susunan acara yang pernah di pelajari

     Menanya
  • Dengan santun siswa bertanya Dan menjawab pertannyaan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya

     Mengeksplorasi
  • Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa berdiskusi menyelesaikan tugas yang diberikan guru
          Mengkomunikasikan
  • Dengan sikap tanggung jawab, santun, siswa berkelompok mempresentasikan hasil kerja merejka kepada kelompok lainnya
  • Kelompok lain menanggapi dengan responsif dan santun.

c. Kegiatan Penutup
   
(10 menit)
·         Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
·         Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami struktur teks hasil observasi
·         Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa menyimak informasi mengenai rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

1.      Tuliskan kaidah-kaidah membuat teks memandu acara

2.      pahamilah teks memandu acara tersebut

3.      Susunlah teks memandu acara sesuai kaidah-kaidahnya secara lisan dan tulisan.

4.      komunikasikan
lah teks memandu acara sesuai kaidah-kaidahnya secara lisan dan tulisan.


4 x 40 menit
1.     Buku Bahasa Lampung  SMP/MTS Kelas VIII





2.     LKS Bahasa Lampung SMP/MTS Kelas VIII



              








Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKS MC ACARA DRAMA

ANALISIS UNSUR SEBUAH PUISI

Makalah Presuposisi (Praanggapan) PRAGMATIK