Silabus Mata Pelajaran Bahasa Lampung
SILABUS
MATA PELAJARAN
BAHASA
DAN AKSARA LAMPUNG
Sekolah : SMPN 1
Mata Pelajaran :
Bahasa Dan Aksara
Lampung
Kelas / Semester :
VIII / 2
Kompetensi
Inti :
KI
1 : Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI
2 :
2.1. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.2.
Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada bahasa
lampung serta memiliki rasa percaya pada
daya dan
kegunaan bahasa lampung yg terbentuk mellui pengalaman belajar.
kegunaan bahasa lampung yg terbentuk mellui pengalaman belajar.
KI
3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI
4 :
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Indikator
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1 Mensyukuri,
menghargai dan menghayati keberadaan
bahasa Lampung sebagai anugerah Tuhan
yang Maha Esa sebagai sarana komunikasi melalui kegiatan
menulis aksara Lampung
2.1.
Menunjukkan perilaku Piil pesenggiri dan proaktif dalam menggunakan bahasa Lampung untuk memahami tata cara
penulisan aksara lampung
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada materi
cerita penngalaman pribadi terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.8 menelaah, mengidentifikasi dan memahami
menulis aksara lampung sesuai dengan
kaidah-kaidahnya
4.8 membaca dan menulis sederhana dengan aksara
lampung sesuai
dengan kaidah- kaidahnya .
|
Aksara Lampung
|
3.8.1
Memahami tata cara penulisan aksara lampung
3.8.2
Memahami bentukl-bentuk induk,anak dan tanda baca dalam aksara Lampung
4.8.1
menuliskan kelabai/ induk huruf aksara Lampung
4.8.2.
Menuliskan anak huruf aksara Lampung
4.8.3
menuliskan tanda baca aksara Lampung
4.8.4
Menulis singkatan ( Akronim) dalam aksara Lampung
4.8.5
menuliskan huruf latin yang tidak ada dalam aksara Lampung
|
Pertemuan
Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Siswa menrespon salam
dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
·
Siswa menerima
informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
·
Siswa menerima
informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang
akan dilaksanakan
b. Kegiatan Inti Mengamati
·
Untuk membangun konteks pembelajaran, dengan sikap peduli
dan santun siswa mengamati teks bentuk aksara yang ditayangkan atau diberikan
guru.
1. Dengan santun dan responsive,
siswa menyimak teks aksara yang diberikan guru
Menanya
Mengeksplorasi
Mengkomunikasikan
·
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa secara berkelompok menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan teks yang disimaknya.
* Kelompok lain menanggapi dengan
responsif dengan santun.
c. Kegiatan Penutup
·
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
·
Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami dalam proses
pembelajaran
·
Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
Pertemuan
Kedua
a.
Kegiatan Pendahuluan
b. Kegiatan Inti
Mengamati
·
Guru mengadakan
apersepsi tentang materi untuk memancing pengetahuan siswa akan materi yang
sudah dipelajari sebelumnya.
·
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa membaca dan mengamati
kembali teks aksara yang pernah di pelajari
Menanya
Mengeksplorasi
Mengkomunikasikan
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
·
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
·
Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami struktur teks
hasil observasi
·
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa menyimak informasi mengenai rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
|
1. Tuliskan
tata cara penulisan aksara Lampung
2. Tuliskan
bentuk induk dalam aksara Lampung
Tuliskan bentuk anak
huruf
3. menceritakan
kembali cerita pengalam pribadi yanruf aksara
4. menuliskan tanda baca
aksara lampung
5.menuliskan huruf
latin yang tidak ada dalam aksara lampung
|
4
x 40 menit
|
1. Buku Bahasa
Lampung SMP/MTS Kelas VIII
2. LKS Bahasa
Lampung SMP/MTS Kelas VIII
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Indikator
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1 Mensyukuri,
menghargai dan menghayati keberadaan
bahasa Lampung sebagai anugerah Tuhan
yang Maha Esa sebagai sarana komunikasi melalui kegiatan
menulis aksara Lampung
2.1.
Menunjukkan perilaku Piil pesenggiri dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Lampung untuk memahami tata
cara penulisan aksara lampung
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada materi
cerita penngalaman pribadi terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.6
memahami, menelaah dan mengidentifikasi teks memandu acara sesuai
dengan kaidah- kaidahnya
4.6
menyusun, menanggapi dan
memperagakan memandu acara sesuai
dengan kaidah- kaidahnya
secara lisan dan tulisan.
|
3.6.1 Mengidentifikasi teks memandu acara
3.6.2 Memahami teks memandu acara sesuai dengan
kaidah-kaidahnya
4.6.1 Menyusun teks memandu acara sesuai
kaidah-kaidahnya secara lisan dan tulisan.
4.6.2.Mengomunikasikan teks memandu acara sesuai
kaidah-kaidahnya secara lisan dan tulisan.
|
Memandu acara
|
Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Siswa menrespon salam
dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
·
Siswa menerima
informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
·
Siswa menerima
informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang
akan dilaksanakan
b.
Kegiatan Inti Mengamati
·
Untuk membangun konteks pembelajaran, dengan sikap peduli
dan santun siswa mengamati teks susunan acara yang ditayangkan atau diberikan
guru
·
Dengan santun dan responsive, siswa menyimak teks susunan
acara yang diberikan guru
Menanya
Mengeksplorasi
Mengomunikasikan
·
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa secara berkelompok menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan teks yang disimaknya.
·
Kelompok lain menanggapi dengan responsif dengan santun.
c. Kegiatan Penutup
·
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
·
Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami dalam proses
pembelajaran
·
Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
Pertemuan
Kedua
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Siswa menrespon salam
dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
·
Siswa menerima
informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
·
Siswa menerima
informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang
akan dilaksanakan
b. Kegiatan Inti
Mengamati
·
Guru mengadakan
apersepsi tentang materi untuk memancing pengetahuan siswa akan materi yang
sudah dipelajari sebelumnya.
·
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa membaca dan mengamati
kembali teks susunan acara yang pernah di pelajari
Menanya
Mengeksplorasi
Mengkomunikasikan
c. Kegiatan Penutup
(10 menit)
·
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
·
Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami struktur teks
hasil observasi
·
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa menyimak informasi mengenai rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
|
1.
Tuliskan kaidah-kaidah membuat teks memandu acara
2.
pahamilah teks memandu acara tersebut
3.
Susunlah teks memandu acara sesuai kaidah-kaidahnya secara lisan dan
tulisan.
4.
komunikasikan
lah teks memandu acara sesuai kaidah-kaidahnya secara lisan dan
tulisan.
|
4
x 40 menit
|
1. Buku Bahasa
Lampung SMP/MTS Kelas VIII
2. LKS Bahasa
Lampung SMP/MTS Kelas VIII
|
|
|
Komentar
Posting Komentar