Hasil analisis silabus Bahasa Lampung
MAKALAH
ANALISIS SILABUS DENGAN BUKU BAHASA
LAMPUNG
Di SMPN 1 Pringsewu Kelas VIII/
Semester II
Diampu oleh Drs. Muntazir, M.M.,
M.Pd.
Disusun
oleh,
1. Windi
Astuti (15040024)
2. Riski
Febbianto (15040025)
3. Yuda
Andera (15040026)
4. Misgianti (15040028)
5. Wike
Dwi. A (15040029)
6. Ria
Destiana (15040030)
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
INDONESIA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG
2016
KATA PENGANTAR
Assallamuallaikum Wr. Wb
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan limpahan rahmat
dan kasih sayang baik berupa kenikmatan maupun kesehatan kepada kami, serta
petunjuk dan kemudahan sehingga kami dapat menyusun tugas makalah ini.
Harapan
kami, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan dapat menambah
pengetahuan kita mengenai Silabus Bahasa Lampung. Kami menyadari sepenuhnya
bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kami mengharap
kritik dan saran dari pembaca dan kami berharap agar makalah ini dapat
bermanfaat fiddunya wal akhiroh.
Wassallamuallaikum Wr. Wb
Pringsewu, 05 Desember 2016
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
KATA
PENGANTAR.......................................................................................... ii
DAFTAR
ISI........................................................................................................ iii
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang.......................................................................................... 1
B. Rumusan
Masalah..................................................................................... 1
C. Tujuan
dan Manfaat.................................................................................. 1
BAB
II PEMBAHASAN
A. Materi
Pokok dalam Mata Pelajaran Bahasa Lampung............................. 1
B. Silabus
Mata Pelajaran.............................................................................. 2
C. Analisis...................................................................................................... 3
BAB
III PENUTUP
A. Kesimpulan................................................................................................ 21
B. Saran.......................................................................................................... 21
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Hasil pendidikan yang berkualitas yaitu
siswa yang sehat, mandiri, berbudaya, berakhlak mulia, beretos kerja tinggi,
berpengetahuan dan menguasai tekhnologi serta cinta tanah air. Untuk mencapai
hasil tersebut maka ditetapkan kurikulum terbaru. Kurikulu ini mengacu pada
kecakapan untuk kedepannya sebagai pengalaman belajar.
Dalam kurikulum 2013, guru sebagai
fasilitator dan siswa menjadi subjek yang didik dan diharapkan dapat berkembang
dengan adanya perubahan ataupun pengalaman dan setiap guru harus memiliki buku
pendamping serta silabus sebagai sarana pencapaian tujuan belajar.
Dengan latar belakang tersebut maka kami
akan menganalis apakah antara Buku pendamping yang ada telah sesuai dengan
Silabus yang telah dibuat dan mencapai tujuan yang diharapkan.
B.
Rumusan
Masalah
Apakah antara Buku pendamping telah
mencapai Standar kompetensi yang telah
ada di Silabus Kurikulum 2013?
C.
Tujuan
dan Manfaat
Tujuannya untuk mengetahui apakah antara
silabus dengan buku pendamping telah sesuai dengan kompetensi yang diharapkan.
Manfaatnya yaitu Dapat mengetahui
bagaimana pentingnya menyesuaikan antara silabus dengan buku pendamping.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Materi
Pokok dalam Mata Pelajaran Bahasa Lampung
Materi
yang terdapat didalam Buku Pendamping ini yaitu:
1. Teks
Peppung/ Buhippun
Secara umum peppung
dipahami sebagai aktifitas musyawarah untuk mencapai kesamaan pendapat.
Sedangkan Buhippun merupakan anonim dari suatu upaya untuk mencapai atau
mencari kesepakatan makssudnya usaha menghimpun pendapat khalayak ramai agar
suatu rencana keputsan yang diambil bersama lebih aspiratif fan mewakili semua
lapisan sosial.
Dalam indikator ini, yang
pertama siswa di tugaskan untuk mencari kata- kata sulit dalam sebuah materi
secara berkelompok, kemudian dipraktekan didepan kelas. Kedua Yang kedua siswa
diminta untuk memperhatikan perbedaan dalam tulisan kata ganti orang yang
diapakai dan mencari kata benda dalam
teks tersebut .
2. Teks
Memandu Acara
Dalam materi ini siswa
diharapkan dapat mengidentifikasi teks memandu acara dan memahami sesuai dengan
kaidahnya.
Penilaian yang
digunakan yaitu siswa ditugaskan untuk menulis kata- kata sulit yang ada dalam
acara tersebut, dan membuat kelompok serta mempraktekkan langsung bagaimana
cara menjadi pembawa acara.
3. Pengalaman
Pribadi
Dalam materi ini
penilaian yang digunakan antara lain:
a. Siswa
diminta untuk menceritakan kembali bukti sejarah lampung yang ada dimuseum
Lampung.
b. Siswa
diminta untuk bercerita apa saja manfaat yang didapat dalam belajar sejarah
lampung.
c. Siswa
ditugaskan untuk melanjutkan sebuah cerita.
d. Siswa
diminta untuk menulis dan menceritakan pengalaman pribadinya masing- masing
minimal sampai 2 paragraf.
4. Aksara
Lampung
Idikator yang hendak
dicapai yaitu siswa dapat memahami tata cara penulisan aksara lampung, dan
memahami kelabai sughat dan anak sughat yang ada di aksara lampung.
Penilaiannya yaitu Siswa ditugaskan
untuk melanjutkan sebuah cerita., Siswa diminta untuk menulis dan menceritakan
pengalaman pribadinya masing- masing minimal sampai 2 paragraf dengan memakai
aksara lampung.
B.
Silabus
Mata Pelajaran Bahasa dan Aksara Lampung
Silabus
merupakan salah satu pegangan guru untuk mengajar dan dapat membantu dalam
proses belajar mengajar. Didalam silabus telah tersusun apa saja yang hendak
dicapai dalam pembelajaran yang mencakup indikator pembelajaran, kompetensi
dasar, materi pokok, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar yang
digunakan.
Berikut
silabus yang kami dapatkan dari seorang Guru Mata Pelajaran Bahasa Lampung,
kelas VIII semester II di SMPN 1 Pringsewu.
C.
Analisis
Dalam
buku pendamping telah memenuhi standar kompetensi inti yang diharapkan dan
sesuai dengan silabus, yaitu:
a. Menghargai
dan menghayati ajaran agama berupa agama yang dianutnya.
Didalam awal memulai
pelajaran, guru memberi salam dan siswa merespon dengan menjawab salam dengan
baik. Saat guru bertanya tentang materi minggu lalu maka siswa akan menjawab
materi pembelajaran sebelumnya.
b. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli dan
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya. Serta memiliki rasa ingin tahu, percaya diri dam
ketertarikan terhadap mata pelajaran bahasa lampung.
Dalam kompetensi ini,
indikatornya yaitu mengamati, untuk membangun sikap peduli maka siswa mengamati
dan menyimak apa yang sedang guru jelaskan. Kemudian dengan santun siswa
bertanya hal- hal yang berhubungan dengan konteks pembelajaran. Selanjutnya
Meneksplorisasi dengan sikap tanggung jawab, peduli dan responsif siswa
berdiskusi dan menyelesaikan tugas yang
diberikan oleh guru. Yang terahir yaitu mengkomunikasikan dengan sikap sopan
santun siswa berkelompok mempresentasikan hasil kerja mereka kepada kelompok
lain dan kelompok lain menanggapi dengan responsif dan santun.
c. Memahami
Pengetahuan berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkaitan fenomena dan kejadian tampak mata.
Dalam kompetensi ini
siswa dilatih dalam sistem kognitifnya yaitu lebih kepengetahuan dimana siswa
dapat mengetahui bagaimana sejarah lampung, seni dan budaya masyarakat lampung,
aksara merupakan salah ciri khas lampung dan siswa diharapkan dapat mengetahui
pengetahuan yang berhubungan dengan lampung. Guru dapat memberikan tugas yang
berhubungan dengan hal tersebut.
d. Mencoba
mengolah dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang
dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang.
Dalam indikator ini guru
mengupayakan agar siswanya dapat membuat dan merangkai atau memahami apa yang
telah dipelajari dengan cara siswa diminta untuk menceritakan kembali apa yang
telah didapat dalam satu judul mata pelajaran tersebut. Kemudian jika ranah
abstarknya siswa diupayakan untuk dapat menulis aksara, membaca aksara,
menghitung dan mengarang sebuah cerita dalam bahasa lampung.
Didalam
silabus ini hanya ada 2 materi pokok yaitu Aksara lampung dan pemandu acara.
Sedangkan pengalaman pribadi dan Teks Peppung nya tidak ada.
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Selain
buku pendamping, seorang pengajar memerlukan silabus untuk membantu dalam
mempermudah pembelajaran selama 1 semester. Didalam silabus dapat terlihat
secara terperinci sasaran yang ingin dicapai dalam sebuah belajar mengajar di
Sekolah.
Dapat
ditarik kesimpulan bahwa antara silabus dengan Buku pendamping harus ada
sinkronisasi agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
B.
Saran
Semoga
Makalah ini dapat berguna serta diterima dengan baik, dan bermanfaat bagi
pembaca pada umumnya nya dan khususnya bagi kelompok kami
Komentar
Posting Komentar