Hasil analisis silabus Bahasa Lampung


MAKALAH
ANALISIS SILABUS DENGAN BUKU BAHASA LAMPUNG
Di SMPN 1 Pringsewu Kelas VIII/ Semester II
Diampu oleh Drs. Muntazir, M.M., M.Pd.
logo stkip.png








Disusun oleh,
1.      Windi Astuti         (15040024)
2.      Riski Febbianto     (15040025)
3.      Yuda Andera        (15040026)
4.      Misgianti               (15040028)
5.      Wike Dwi. A         (15040029)
6.      Ria Destiana          (15040030)

PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG
2016
KATA PENGANTAR

Assallamuallaikum Wr. Wb
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan limpahan rahmat dan kasih sayang baik berupa kenikmatan maupun kesehatan kepada kami, serta petunjuk dan kemudahan sehingga kami dapat menyusun tugas makalah ini.
Harapan kami, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan dapat menambah pengetahuan kita mengenai Silabus Bahasa Lampung. Kami menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kami mengharap kritik dan saran dari pembaca dan kami berharap agar makalah ini dapat bermanfaat fiddunya wal akhiroh.
Wassallamuallaikum Wr. Wb

Pringsewu, 05 Desember 2016

                                                                                                         Penulis









DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR.......................................................................................... ii
DAFTAR ISI........................................................................................................ iii
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang.......................................................................................... 1
B.     Rumusan Masalah..................................................................................... 1
C.     Tujuan dan Manfaat.................................................................................. 1
BAB II PEMBAHASAN
A.    Materi Pokok dalam Mata Pelajaran Bahasa Lampung............................. 1
B.     Silabus Mata Pelajaran.............................................................................. 2
C.     Analisis...................................................................................................... 3
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan................................................................................................ 21
B.     Saran.......................................................................................................... 21








BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Hasil pendidikan yang berkualitas yaitu siswa yang sehat, mandiri, berbudaya, berakhlak mulia, beretos kerja tinggi, berpengetahuan dan menguasai tekhnologi serta cinta tanah air. Untuk mencapai hasil tersebut maka ditetapkan kurikulum terbaru. Kurikulu ini mengacu pada kecakapan untuk kedepannya sebagai pengalaman belajar.

Dalam kurikulum 2013, guru sebagai fasilitator dan siswa menjadi subjek yang didik dan diharapkan dapat berkembang dengan adanya perubahan ataupun pengalaman dan setiap guru harus memiliki buku pendamping serta silabus sebagai sarana pencapaian tujuan belajar.
Dengan latar belakang tersebut maka kami akan menganalis apakah antara Buku pendamping yang ada telah sesuai dengan Silabus yang telah dibuat dan mencapai tujuan yang diharapkan.

B.     Rumusan Masalah
Apakah antara Buku pendamping telah mencapai  Standar kompetensi yang telah ada di Silabus Kurikulum 2013?

C.    Tujuan dan Manfaat
Tujuannya untuk mengetahui apakah antara silabus dengan buku pendamping telah sesuai dengan kompetensi yang diharapkan.
Manfaatnya yaitu Dapat mengetahui bagaimana pentingnya menyesuaikan antara silabus dengan buku pendamping.



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Materi Pokok dalam Mata Pelajaran Bahasa Lampung
Materi yang terdapat didalam Buku Pendamping ini yaitu:
1.      Teks Peppung/ Buhippun
Secara umum peppung dipahami sebagai aktifitas musyawarah untuk mencapai kesamaan pendapat. Sedangkan Buhippun merupakan anonim dari suatu upaya untuk mencapai atau mencari kesepakatan makssudnya usaha menghimpun pendapat khalayak ramai agar suatu rencana keputsan yang diambil bersama lebih aspiratif fan mewakili semua lapisan sosial.
Dalam indikator ini, yang pertama siswa di tugaskan untuk mencari kata- kata sulit dalam sebuah materi secara berkelompok, kemudian dipraktekan didepan kelas. Kedua Yang kedua siswa diminta untuk memperhatikan perbedaan dalam tulisan kata ganti orang yang diapakai  dan mencari kata benda dalam teks tersebut .
2.      Teks Memandu Acara
Dalam materi ini siswa diharapkan dapat mengidentifikasi teks memandu acara dan memahami sesuai dengan kaidahnya.
Penilaian yang digunakan yaitu siswa ditugaskan untuk menulis kata- kata sulit yang ada dalam acara tersebut, dan membuat kelompok serta mempraktekkan langsung bagaimana cara menjadi pembawa acara.
3.      Pengalaman Pribadi
Dalam materi ini penilaian yang digunakan antara lain:
a.       Siswa diminta untuk menceritakan kembali bukti sejarah lampung yang ada dimuseum Lampung.
b.      Siswa diminta untuk bercerita apa saja manfaat yang didapat dalam belajar sejarah lampung.
c.       Siswa ditugaskan untuk melanjutkan sebuah cerita.
d.      Siswa diminta untuk menulis dan menceritakan pengalaman pribadinya masing- masing minimal sampai 2 paragraf.
4.      Aksara Lampung
Idikator yang hendak dicapai yaitu siswa dapat memahami tata cara penulisan aksara lampung, dan memahami kelabai sughat dan anak sughat yang ada di aksara lampung.
Penilaiannya yaitu Siswa ditugaskan untuk melanjutkan sebuah cerita., Siswa diminta untuk menulis dan menceritakan pengalaman pribadinya masing- masing minimal sampai 2 paragraf dengan memakai aksara lampung.


B.     Silabus Mata Pelajaran Bahasa dan Aksara Lampung
Silabus merupakan salah satu pegangan guru untuk mengajar dan dapat membantu dalam proses belajar mengajar. Didalam silabus telah tersusun apa saja yang hendak dicapai dalam pembelajaran yang mencakup indikator pembelajaran, kompetensi dasar, materi pokok, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar yang digunakan.
Berikut silabus yang kami dapatkan dari seorang Guru Mata Pelajaran Bahasa Lampung, kelas VIII semester II di SMPN 1 Pringsewu.









C.    Analisis
Dalam buku pendamping telah memenuhi standar kompetensi inti yang diharapkan dan sesuai dengan silabus, yaitu:
a.       Menghargai dan menghayati ajaran agama berupa agama yang dianutnya.
Didalam awal memulai pelajaran, guru memberi salam dan siswa merespon dengan menjawab salam dengan baik. Saat guru bertanya tentang materi minggu lalu maka siswa akan menjawab materi pembelajaran sebelumnya.
b.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. Serta memiliki rasa ingin tahu, percaya diri dam ketertarikan terhadap mata pelajaran bahasa lampung.
Dalam kompetensi ini, indikatornya yaitu mengamati, untuk membangun sikap peduli maka siswa mengamati dan menyimak apa yang sedang guru jelaskan. Kemudian dengan santun siswa bertanya hal- hal yang berhubungan dengan konteks pembelajaran. Selanjutnya Meneksplorisasi dengan sikap tanggung jawab, peduli dan responsif siswa berdiskusi dan menyelesaikan  tugas yang diberikan oleh guru. Yang terahir yaitu mengkomunikasikan dengan sikap sopan santun siswa berkelompok mempresentasikan hasil kerja mereka kepada kelompok lain dan kelompok lain menanggapi dengan responsif dan santun.
c.       Memahami Pengetahuan berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkaitan fenomena dan kejadian tampak mata.
Dalam kompetensi ini siswa dilatih dalam sistem kognitifnya yaitu lebih kepengetahuan dimana siswa dapat mengetahui bagaimana sejarah lampung, seni dan budaya masyarakat lampung, aksara merupakan salah ciri khas lampung dan siswa diharapkan dapat mengetahui pengetahuan yang berhubungan dengan lampung. Guru dapat memberikan tugas yang berhubungan dengan hal tersebut.
d.      Mencoba mengolah dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang.
Dalam indikator ini guru mengupayakan agar siswanya dapat membuat dan merangkai atau memahami apa yang telah dipelajari dengan cara siswa diminta untuk menceritakan kembali apa yang telah didapat dalam satu judul mata pelajaran tersebut. Kemudian jika ranah abstarknya siswa diupayakan untuk dapat menulis aksara, membaca aksara, menghitung dan mengarang sebuah cerita dalam bahasa lampung.
Didalam silabus ini hanya ada 2 materi pokok yaitu Aksara lampung dan pemandu acara. Sedangkan pengalaman pribadi dan Teks Peppung nya tidak ada.














BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Selain buku pendamping, seorang pengajar memerlukan silabus untuk membantu dalam mempermudah pembelajaran selama 1 semester. Didalam silabus dapat terlihat secara terperinci sasaran yang ingin dicapai dalam sebuah belajar mengajar di Sekolah.
Dapat ditarik kesimpulan bahwa antara silabus dengan Buku pendamping harus ada sinkronisasi agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

B.     Saran
Semoga Makalah ini dapat berguna serta diterima dengan baik, dan bermanfaat bagi pembaca pada umumnya nya dan khususnya bagi kelompok kami

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKS MC ACARA DRAMA

ANALISIS UNSUR SEBUAH PUISI

Makalah Presuposisi (Praanggapan) PRAGMATIK